Superman

Kamis, 19 Oktober 2017

PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK (OOP) PADA JAVA

PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK (OOP) PADA JAVA

Java adalah bahasa yang termasuk dalam pemrograman berorientasi object. Berbandingan anologi aliran dan interaksi antar object antara Structured Procedural Programming (Basic, Pascal, C etc).

Ide tentang Object Oriented

Object mempresentasikan entitas pada dunia nyata. Dalam membuat mobil kita dimulai dari memecah-mecah kompleksitas sistem mobil ke dalam bagian kecil, seperti roda, kemudi, dan sebagainya.

Pada masing-masing bagian kecil itu kita definisikan field-field, seperti warna atau daya cengkeram. Selain itu, kita definisikan apa saja yang bisa dilakukan terhadap bagian-bagian itu. Perintah-perintah yang bisa diterima itu disebut method.

Antarmuka dalam interaksi antar obyek tersebut adalah method-method yang dimiliki object. Objek-objek itu berinteraksi dengan saling memanggil method dari suatu objek, atau sering disebut message passing.

Tiga Pilar OOP :
Encapsulation
Terdiri dari method-method dalam Class, tahapnya meliputi Constructor dan Destructor.
Inheritance (Pewarisan Sifat)
Dengan inheritance, pengembang software dapat bekerja lebih efesien dan lebih cepat. Berkat inheritance, dapat digunakan definisi class yang sudah pernah dibuat sebelumnya untuk membuat class-class lain yang menyerupai class tersebut.
Polymorphism
Polymorphism didefiniskan sebagai kemampuan beberapa objek bertipe sama, bereaksi secara berbeda terhadap message yang sama.



Object dan Class

Class adalah template untuk obyek-obyek yang memiliki sifat yang sama. Dalam menulis program yang berorientasi objek yang sebenarnya melainkan class dari objek tersebut.

Instance adalah kata lain dari objek. Dalam bahasa OOP kita harus terlebih dahulu membuat instance dari class tersebut. Jika Class adalah representasi generik dari objek, instance adalah representasi konkritnya.

Bahasa Java telah menyediakan Class Library, yaitu kumpulan class-class yang telah siap digunakan untuk membuat program-program baru. Class Library telah menyediakan class-class dasar seperti fungsi matematika, array string dan sebagainya hingga ke class untuk graphic, networking dan terutama internetworking (berbasis protokol TCP/IP).

Tujuan & Keuntungan dari Analis Berorientasi Obyek :
Lebih memahami inti permasalahan.
Dalam mengorganisasi analis dan spesifikasi dengan metode yang digunakan cara berpikir manusia.
Mengurangi jarak antara aktivitas analis yang berbeda dengan membuat atribut dan metode menjadi menjadi satu kesatuan.
Pewarisan dapat dilakukan dengan memberikan identifikasi sesuatu yang umum pada atribut dan metode.
Menjaga stabilitas atas perubahan kebutuhan pada system yang sama.
Hasil analisis dapat digunakan kembali.
Menghasilkan penggambaran yang konsisten.


Sumber : https://hmprambors.blogspot.co.id/2015/04/artikel-java-programing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Pemerograman JAVA

Contoh Sederhana Implementasi Program Java Contoh 1: Contoh 2 : Contoh 3 :